Site Meter PRAKTEK DOKTER GIGI JAKARTA SELATAN: Remaja Rentan Gigi Berlubang
Assalamualaikum wr wb.
Selamat Datang di Blog kami..
Blog ini berisi sekilas tentang informasi dan pelayanan yang kami sediakan untuk Anda yang peduli dengan kesehatan Gigi.
Tentunya untuk memperoleh informasi lebih lengkap dan data yang paling update silahkan datang ke klinik kami.
Semoga bermanfaat. Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb..

Senin, 10 Oktober 2011

Remaja Rentan Gigi Berlubang

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) yang dilakukan, penderita gigi berlubang kalangan remaja berusia 12 tahun ke atas mencapai sekitar 43,3 persen.

"Penduduk yang mempunyai masalah kesehatan gigi dan mulut mencapai 23,4 persen, sedangkan yang telah kehilangan seluruh gigi aslinya (ompong,red) adalah 1,6 persen," katanya.

Dia menambahkan, rata-rata penderita gigi berlubang, disebabkan masyarakat umumnya kurang memperhatikan perawatan gigi dan mulut.

"Pada umumnya penduduk Indonesia mengosok gigi hanya pagi ketika bangun tidur saja, padahal menggosok gigi dilakukan sesudah makan, mau tidur waktu malam hari serta pagi ketika bangun tidur,"katanya.

Dia mengatakan, berdasarkan indikator Indonesia sehat 2010, untuk satu orang dokter gigi idealnya melayani pasien sebanyak 9.000 orang.

"Sementara itu, jumlah penduduk Indonesia saat ini 234.181.400, maka dibutuhkan sekitar 26.000 orang tenaga dokter gigi,"katanya.

Menurutnya, dokter gigi yang telah teregistrasi hingga Agustus 2010 berjumlah 21.691 orang, terdiri dari drg umum 20.158 orang serta drg spesialis sebanyak 1.533 orang.

"Kita masih membutuhkan banyak tenaga dokter gigi di Indonesia ini, untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang optimal pada masyarakat,"katanya.

Sejak otonomi daerah, lanjut Endang Rahayu Sedyaningsih, pemerintah pusat sulit mendapatkan data jumlah tenaga kesehatan yang bekerja di Saryankes, karena pejabat pembina kepegawaian berada pada Gubernur, Bupati dan Walikota. "Saat ini, sedang dilakukan pendataan (oleh Badan PPSDMKes) tenaga kesehatan yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan baik pusat maupun daerah,"kata Endang Rahayu Sedyaningsih.

Dia menambahkan, saat ini telah terdapat 13 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan 12 Program Studi (Prodi) Kedokteran Gigi di Indonesia, serta 5 Institusi Pendidikan Dokter Gigi. Rata-rata lulusan kurang lebih 1500 dokter gigi pertahun. Antara.Brilian Denta

Alamat Praktek Dokter Gigi;
Jl. Raya margasatwa No. 2 perempatan DDN
(samping Alfamart) Pondok Labu,
Jakarta Selatan
Telp: 085101811551 (admin klinik)
SMS / WhatsApp : 0857 7111 2024 (Layanan 24 jam)
e-Mail: brilian.denta@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar